RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah | : | SMP 2 Banjarbaru |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Standar Kompetensi | : | Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia. |
Kompetensi Dasar | : | Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju |
Indikator | : | Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang. Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan negara berkembang beserta alasannya. |
Alokasi Waktu | : | 1 x 10 menit |
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang.
Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju
Mengamati atlas tentang persebaran negara maju dan berkembang
Membuat peta wilayah negara maju dan berkembang
Memberikan contoh negara yang tergolong maju di dunia
Memberikan contoh negara yang tergolong berkembang di dunia
Materi Pembelajaran
Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Peta persebaran negara maju dan negara berkembang
Contoh neraga maju dan negara berkembang di dunia
Metode Pembelajaran
1. Ceramah melalui blog
2. Diskusi melalui yahoo messenger
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan
a. | Apersepsi | : | Setelah menampilkan peta dunia melalui blog, menanyakan pada siswa letak negara Indonesia, India, Inggris, Jepang |
b. | Motivasi | : | menjelaskan sekilas dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari melalui yahoo messenger. |
Kegiatan Inti
Guru memberikan materi yang harus didiskusikan oleh siswa melalui blog tentang :
1. Ciri-ciri negara maju
2. Ciri-ciri negara berkembang
3. Contoh-contoh negara yang termasuk negara maju
4. Contoh-contoh negara yang termasuk negara berkembang
Penutup
Guru memberi tugas tentang contoh Negara Maju dan di kirim melalui e-mail : fitria_ardilla84@yahoo.com satu minggu kemudian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar